Rabu, 21 Januari 2009

SEJARAH FKKI JAWA BARAT


Forum Komunikasi Kristiani Indonesia (FKKI) Jawa Barat berdiri pada tanggal 29 Desember 1996, bertempat di Gereja Baptis Pertama Jl. Wastukencana No. 40 Bandung. Awal berdirinya FKKI-JABAR bermula dari meletusnya kerusuhan “Natal Kelabu” di Tasikmalaya pada tanggal 26 Desember 1996. Pada saat itu para pemimpin Gereja dan Ormas Kristen/Katolik di Jawa Barat secara spontan berusaha berkomunikasi untuk membahas apa yang harus dilakukan Gereja.

Seiring berjalannya waktu, lingkup tugas FKKI-JABAR semakin bertambah banyak, meliputi investigasi masalah-masalah yang dialami Gereja-Gereja, Yayasan Kristen, Pendidikan Kristen dan memperjuangkan supaya SKB/IMB dihapuskan, menjadi mediator apabila ada Gereja Tuhan yang membutuhkan bantuan dengan mengajak saudara-saudara seiman untuk turut membantu, menjadi advokasi hokum Gereja yang perlu penanganan secara hokum, memberikan konseling bagi Gereja Tuhan yang menjadi korban kerusuhan, bekerjasama dengan Gereja Tuhan lain serta bekerjasama dengan Pemda, BPMD dan LSM-LSM untuk menangani masalah yang sedang marak dibicarakan mengenai tindak Kekerasan Terhadap Perempuan, Narkoba, dll.

FKKI-JABAR terbentuk atas kebutuhan Umat Kristiani dalam menangani kasus dengan cepat, mendapatkan informasi yang akurat, terpercaya atas kejadian/kronologis masalah yang dialami Gereja dan juga untuk menyadarkan kembali bahwa pentingya pelaksanaan Pancasila dengan Bhineka Tunggal Ika-nya sebagai ikatan pemersatu dalam berbangsa dan bernegara.

0 comments: